•  The Wonderful  of North Sumatra, Indonesia
  •  Samosir, North Sumatra. Indonesia
  •  Sitinjo,  Dairi. North Sumatra. Indonesia
  •  Berastagi, Karo. North Sumatra. Indonesia
  •  Durin Sirugun, Sibolangit.  North Sumatra
  •  Tongging, Karo. North Sumatra. Indonesia
  •  Tanjung Selamat, Medan.  North Sumatra. Indonesia
  •  Dolok Tinggi Raja. Simalungun. North Sumatra
  •  Sei Nagalawan, Perbaungan. North Sumatra
  •  Bohorok, Kabupaten Langkat . North Sumatra. Indonesia
  •  Teluk dalam, Nias.  North Sumatra. Indonesia

Perbedaannya TOEFL (PBT, CBT, IBT)


Baiklah sahabat sekalian, sedikit saya akan menginformasikan  jenis- jenis TOEFL. Yang dimana akhir-akhir ini TOEFL sangat dibutuhkan, sebagai contoh dalam hal mencari pekerjaan, didunia kampus dan saya tidak tahu apakah TOEFL  ini juga di butuhkan didunia akhirat..hehehe
Saat ini  ada juga IELTS (International English Language Testing System) tapi kita akan membahasnya dilain waktu ok?  Kita membahas  Perbedaannya TOEFL (PBT, CBT, IBT).
 
Test of English As a Foreign Language(TOEFL).  Tes ini dilakukan untuk mengukur dan mengetahui kapabilitas dan kecakapan kita dalam berbahasa Inggris. Tes ini diselenggarakan oleh ETS atau Educational Testing Service dan pertama kali diperkenalkan pada tahun 1963. Tes TOEFL juga bisa digunakan untuk mendapat bantuan dana pendidikan atau beasiswa. Berikut akan dibahas dan disebutkan mengenai tiga jenis tes TOEFL serta perbedaan dari masing-masing tes.
Ada tiga jenis TOEFL yang dilakukan dengan metode yang berbeda Yaitu :

1.    PBT (Paper Based Test TOEFL) atau dalam bahasa kita adalah tes TOEFL berbasis kertas. Seperti namanya, tes ini dilakukan di atas kertas dengan tiga sesi ujian yaitu Listening, Structure, dan Reading. Jenis TOEFL ini memiliki rentang nilai atau skor dari 310 hingga 677 sebagai nilai paling maksimum. Tes ini berlangsung selama 2 hingga 2,5 jam. Saat ini, PBT-TOEFL sudah tidak diberlakukan lagi di lingkup internasional, kecuali beberapa negara saja. Namun, ada banyak instansi lokal di Indonesia yang masih mau menerima hasil score PBT-TOEFL.
2.    CBT ( Computer Based Test) adalah  Tes  yg dikerjakan di komputer, jadi tes ini tidak  pakai kertas dan alat tulis. Karena  soal dan lembar jawabannya sudah tertulis ada di komputer itu, kita  tinggal memilih dan mengklik jawaban yang menurut kita benar.  isi tesnya dari berbagai bidang dalam bahasa inggris.
3.    iBT ( Internet Based Test) Tes ini dibagi menjadi 4 bagian, yaitu reading, listening, writing, dan speaking. Berikut adalah rincian tes nya:
1. Reading. Kita diberikan bacaan panjang yang terdiri dari beberapa paragraf, kemudian diharuskan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang terkait dengan paragraf tersebut. Terdapat beberapa bacaan dengan tema beragam yang diberikan kepada kita.
2. Listening. Secara umum pada listening kita mendengarkan sesuatu dan kemudian menjawab beberapa pertanyaan dari situ. Ada dua macam audio pada listening: yang pertama berupa lecture seperti pada kuliah, dan yang kedua adalah percakapan antara dua orang. Seperti pada kuliah sebenarnya, kita diizinkan untuk mencatat yang kita dengar.
3. Writing. Writing ada dua bagian. Yang pertama adalah membaca sebuah bacaan, kemudian kita menjawab pertanyaan yang diajukan dengan membuat sebuah essay.  Yang kedua adalah menuliskan sebuah essay yang berisi opini pribadi atas suatu isu, kalau tidak salah minimal 300 kata.
4. Speaking. Bagian yang menghancurkan nilai gw. Pada speaking kita berbicara pada sebuah mikrofon. Berbeda dengan bicara kepada orang, tidak akan ada feedback dari lawan bicara kita, sehingga akan terasa sangat awkward, seolah kita sedang ngomong sendiri. Ada tiga bagian. Yang pertama kita menjawab sesuatu yang personal (gw disuruh menceritakan pengalaman hidup gw yang life changing), yang kedua adalah memberikan opini, dan yang ketiga meringkas suatu lecture. Karena gak terbiasa gw terbata-bata di sini.

Sekian dulu pembahasannya ya..semoga dapat menambah wawasan anda…Terima kasih..
Dikutip  dari berbagai sumber..

Google+ Facebook Twitter MySpace SC