•  The Wonderful  of North Sumatra, Indonesia
  •  Samosir, North Sumatra. Indonesia
  •  Sitinjo,  Dairi. North Sumatra. Indonesia
  •  Berastagi, Karo. North Sumatra. Indonesia
  •  Durin Sirugun, Sibolangit.  North Sumatra
  •  Tongging, Karo. North Sumatra. Indonesia
  •  Tanjung Selamat, Medan.  North Sumatra. Indonesia
  •  Dolok Tinggi Raja. Simalungun. North Sumatra
  •  Sei Nagalawan, Perbaungan. North Sumatra
  •  Bohorok, Kabupaten Langkat . North Sumatra. Indonesia
  •  Teluk dalam, Nias.  North Sumatra. Indonesia

Apa Perbedaan TOEFL dengan IELTS ?

Pada postingan sebelumnya kita sudah membahas  apa itu TOEFL dan Perbedaan TOEFL (PBT, CBT, IBT) dan sekarang sesuai dengan janji saya yang dulu,  kita akan membahas apa itu IELTS dan bagaimana perbedaannya dengan TOEFL.
Mungkin banyak diantara kita bertanya-tanya  manakah  lebih mudah diantara  kedua tes ini. Menurut saya pribadi tingkat kesusahannya relatif sama, tergantung pemahanan kita sejauh mana kita mengerti bahasa inggris.
 Yok mari kita telusuri…

Apa itu IELTS ?

IELTS (International English Language Testing System) adalah uji coba kemampuan berbahasa Inggris yang diselenggarakan bersama oleh Universitas Cambridge, British Councildan IDP Education Australia. IELTS sendiri digolongkan dalam dua macam modul ujian yaitu Modul Umum dan Modul Akademis. Sejak tahun 1989, IELTS dipercaya untuk melakukan tes untuk mengukur kemampuan berbahasa Inggris. Lebih dari sejuta tiap tahun orang menggunakan IELTS untuk memasuki dunia yang berbahasa Inggris. Tes ini diselenggarakan di 120 negara
Ada dua versi dari IELTS, yaitu:
1.     Versi Academic ditujukan bagi mereka yang ingin mendaftar di universitas dan lembaga pendidikan tinggi lainnya dan bagi para profesional seperti dokter dan perawat yang ingin belajar atau praktek di negara berbahasa Inggris.
2.     Pelatihan Versi General/Umum ditujukan bagi mereka berencana untuk melakukan pelatihan non-akademis atau untuk mendapatkan pengalaman kerja, atau untuk tujuan imigrasi.
Jika anda ingin kuliah di luar negeri, anda harus mempunyai  nilai, minimal score berkisar dari 5,5 - 6,5 dan score berkisar dari 7.0 - 7.5 bagi peminat program pascasarjana  tergantung universitas dan jenjang yang mau ditempuh (S1,  S2 atau S3).
Bagi perusahaan atau lembaga, tidak ada nilai minimum yang diperlukan untuk lulus tes. Sebuah hasil IELTS atau Uji Form Laporan dikeluarkan untuk semua calon dengan skor dari 1 sampai dengan 9 sebagai ahli dan masing-masing lembaga menetapkan ambang batas yang berbeda. Lembaga disarankan untuk tidak mempertimbangkan laporan hasil yang lamanya lebih dari dua tahun agar valid, kecuali orang yang tes itu membuktikan bahwa ia bisa mempertahankan scorenya tersebut.
Pendaftar yang mengambil tes IELTS biasanya diminta untuk melengkapi empat modul (berbicara, menulis, membaca, dan mendengarkan). Setelah melaksanakan tes IELTS, pendaftar tersebut akan menerima sebuah berkas atau skor yang ditampilkan pada formulir laporan IELTS.


Berikut Perbedaan TOEFL dengan IELTS :


a.     Pengambilan tes. Pada umumnya, tes TOEFL yang dimaksud adalah TOEFL iBT (Internet Based Test) dimana kamu akan diminta untuk merekam semua jawaban kamu di komputer. Untuk tes IELTS, semua jawaban akan ditulis tangan dan bagian ‘speaking section’ akan dinilai langsung oleh orang yang akan mendengar jawaban kita.
b.     Penilaian tes. Tes TOEFL iBT yang terbaru memiliki nilai maksimum sebanyak 120, dimana setiap bagian (Reading, Listening, Speaking, Writing) masing-masing mempunyai nilai sebanyak 30 yang akan diakumulasikan. Tes IELTS menilai setiap bagian dengan skor 0-9, yang akan diratakan untuk skor akhir dalam skala 0-9.0
c.    Bahasa yang digunakan. Tes TOEFL menggunakan bahasa inggris Amerika, sedangkan tes IELTS menggunakan bahasa Inggris British. Walaupun keduanya relatif sama, ada beberapa ejaan, idiom dan logat yang berbeda diantara keduanya.
d.    Reading section. Bagian membaca di tes TOEFL akan memberi sekitar 3-5 teks bacaan diikuti dengan pertanyaan bersifat pilihan ganda. Sedangkan di IELTS, kita akan mendapatkan 3 teks bacaan dengan pertanyaan campuran.
e.    Speaking section. Dalam tes TOEFL, kita akan merekam jawaban kita dari enam pertanyaan pendek di sebuah computer. Di tes IELTS, kita akan berbicara dengan seorang penilai secara langsung dengan durasi 12-14 menit dimana kita akan ditanya berberapa pertanyaan tentang diri kita dan tentang sebuah topik diskusi.
f.      Writing section. Kita  akan menulis dua jawaban untuk kedua tes ini. Untuk tes TOEFL, pertama kita akan menulis 300-350 kata mengenai sebuah topik yang ditentukan, dan esai kedua kita akan menggabungkan kemampuan menulis dan mendangar. Sedangkan di tes IELTS, esai pertama akan berupa 200-250 kata, dan dalam bagian kedua kita akan menyimpulkan pendapatan kita dari sebuah informasi grafik.  
g.    Listening section. Di tes TOEFL, kita akan mendengarkan pembicaraan dan pengajaran selama sekitar 40-60 menit dimana kita  harus mencatat informasi penting untuk menjawab pertanyaan pada akhir tes. Sementara di tes IELTS, kita akan mendengarkan berbagai jenis cuplikan audio pendek dan kamu akan menjawab pertanyaan secara langsung sambil kita mendengar audio.


Sekian dulu pembahasan kita  Perbedaan TOEFL dengan IELTS.
…Semoga bermanfaat…

Dikutip dari berbagai sumber.


Google+ Facebook Twitter MySpace SC