Bandara yang biasanya bertanggungjawab terhadap keuangan suatu organisasi atau kelompok, membuat laporan keuangan atau melakukan pembukuan terhadap pemasukan dan pengeluaran keuangan organisasi tersebut. Lah...kok lari ke keuangan??? itu kan Bendahara bukan Bandara kawan...hehehe..............Okelah langsung kita lihat aja...
Bandar udara (disingkat: bandara) merupakan sebuah fasilitas tempat pesawat terbang dapat lepas landas dan mendarat. Bandar udara yang paling sederhana minimal memiliki sebuah landas pacu namun bandara-bandara besar biasanya dilengkapi berbagai fasilitas lain, baik untuk operator layanan penerbangan maupun bagi penggunanya.
Bandar udara (disingkat: bandara) merupakan sebuah fasilitas tempat pesawat terbang dapat lepas landas dan mendarat. Bandar udara yang paling sederhana minimal memiliki sebuah landas pacu namun bandara-bandara besar biasanya dilengkapi berbagai fasilitas lain, baik untuk operator layanan penerbangan maupun bagi penggunanya.
Berikut 10 Bandara yang berbahaya didunia versi saya :
1. Bandara Internasional Princess Juliana, Belanda.
.jpg)
Saint Marteen merupakan salah satu destinasi favorit untuk menghabiskan musim panas dengan berjemur dan main di pantai. Selain airnya bersih juga Anda bisa menikmati pesawat terbang tepat 5(lima) Meter di atas kepala Anda.
2. Bandar Udara Madeira, Portugal.
.jpg)
Bandara ini letaknya nyempil di sebuah pulau kecil, landasannya sangat terbatas. Tidak boleh ada kesalahan sedikitpun atau akan berakibat fatal yaitu pesawat masuk ke dalam laut yang dalam.
3. Bandar Udara Gibraltar.
.jpg)
Pada tahun 2004 bandar udara ini menangani 314,375 penumpang dan 380 ton kargo. Bandar udara Gibraltar adalah salah satu dari sedikit Bandar Udara Kelas A di dunia. Jalan Winston Churchill (jalan utamanya berhadapan dengan perbatasan Spanyol) berpotongan dengan jalur landasan bandar udara ini, sehingga lalu lintas jalan harus dihalangi setiap ada akan pesawat yang mendarat atau terbang. Program Most Extreme Airports dari History Channel menempatkannya sebagai bandar udara paling berbahaya di dunia di tempat kelima dan paling berbahaya di Eropa.
Monarch Airlines adalah maskapai terbesar di Bandar Udara Gibraltar. Maskapai itu saat ini mengoperasikan 6 penerbangan mingguan ke Bandar Udara London Luton dan 5(Lima) penerbangan mingguan ke Bandar Udara Manchester; mengoperasikan 8 di musim panas. Kedua rute dioperasikan dengan Airbus A320-200. Easy Jet saat ini terbang ke Bandar Udara London Gatwick dengan 7 penerbangan mingguan dan ke Bandar Udara Liverpool 3 kali seminggu. Kedua rute dioperasikan dengan Airbus A319-200. British Airways juga terbang 7 kali seminggu ke Gibraltar dari Bandar Udara London Heathrow dioperasika dengan Airbus A320-200. Bmibaby juga akan mulai melaksanakan penerbangan ke Bandar Udara East Midlands pada Maret 2012 dan akan dioperasikan dengan Boeing 737-300.
Walaupun terletak di Gibraltar, bandar udara ini juga digunakan oleh masyarakat dari/menuju wilayah Spanyol yang berdekatan seperti Costa del Sol atau Campo de Gibraltar.
Dan ternyata Kehadiran bandara ini menimbulkan sengketa antara spanyol dan Britania Raya atas wilayah di mana bandar udara ini berdiri. Tapi saya belum tahu apakah sampai sekarang bandara ini masih bermasalah.
4. Bandara Juancho E. Yrausquin Airport, Belanda.
Bandara Juancho E. Yrausquin Airport Nama aslinya adalah Juancho E. Irausquin Airport. yaitu "I" bukan "Y". Karena kesalahan ketik tersebut Nama Juancho E. Yrausquin Airport lah yang dipakai sampai sekarang disetiap peta Saba dan disetiap referensi dan dokumentasi bandara.
Bandara ini diresmikan pada 18 September 1963 yang Memiliki 1500 ft ( `457 Meter), dan merupakan Landasan terpendek pendek di dunia. Hanya pesawat kecil yang bisa lepas landas dan mendarat dibandara tersebut, karena ukurannya kecil maka pilot pun harus hati-hati pada saat landing karena kesalahan landing bisa membuat pesawat berenang di Laut yang berada di sebelahnya.
Bandara ini dikatakan juga bandara samudera es karena letaknya berada disi utara bumi.
5. Bandara Svalbard, Longyear.
Bandara Svalbard, Longyear Svalbard lufthavn, Longyear) adalah bandar udara utama yang melayani Svalbard di Norwegia. Bandara ini terletak 1,6 mil laut (3 km) barat laut dari Longyearbyen, dan merupakan bandara paling utara di dunia dengan penerbangan publik terjadwal. Bandara pertama dekat Longyearbyen dibangun selama Perang Dunia II. Pada tahun 1959, bandara tersebut mulai digunakan untuk penerbangan sesekali, tapi hanya beberapa bulan dalam setahun. Pembangunan bandara baru di Hotellneset dimulai pada tahun 1973, dan bandara ini dibuka pada tanggal 2 September 1975. Bandara ini dimiliki dan dioperasikan oleh maskapai nasional Avinor. Pada tahun 2011, bandara ini telah melayani 126.350 penumpang. Scandinavian Airlines mengoperasikan penerbangan harian ke Tromso dan Oslo di Norwegia daratan. Lufttransport menyediakan layanan ke dua bandara lainnya di Svalbard: Ny-Alesund dan Svea, menggunakan pesawat Dornier Do 228. Ada juga penerbangan carter reguler.
6. Bandara Kansai. Jepang.
.jpg)
Selama tahun 2004, KIX telah melayani 102.862 pergerakan pesawat, yang 72.096 di antaranya adalah penerbangan internasional, dan 30.766 lainnya adalah penerbangan domestik. Jumlah penumpang yang bepergian melalui Kansai sebanyak 15.340.975 penumpang, yang 11.162.533 di antaranya merupakan penumpang internasional, dan 4.178.422 merupakan penumpang domestik.
Letak bandara ini dari daratan ada beberapa kilometer dan bandara ini termasuk mewah dan juga nyaman, tetapi memicu adrenalin kita karena letaknya di atas Air Laut.
7. Bandara Courchevel, Prancis.
.jpg)
Bandar udara ini terbilang berbahaya, memiliki pendekatan yang sulit, landasan pacu yang menukik, dan sebuah bukit dengan kegiatan ski. Bandar udara ini berada pada ketinggian 6.588 kaki (2,008 m). Program Most Extreme Airports dari History Channel menempatkannya sebagai bandar udara paling berbahaya di dunia di peringkat ketujuh
Disamping bergelombang, bandara ini juga Bersalju, jadi petugas Bandara harus rajin membersihkan landasan itu dari salju agar pesawat yang landing dan take off tidak tergelincir.
8. Bandar Udara Tenzing-Hillary. Nepal Timur.
.jpg)
Bandar udara ini populer karena Lukla merupakan tempat di mana banyak orang memulai pendakian mereka ke Gunung Everest. Terdapat penerbangan harian antara Lukla dan Kathmandu selama jam siang dengan cuaca yang bagus. Walaupun jarak penerbangannya pendek, biasanya terjadi hujan di Lukla sementara matahari bersinar cerah di Kathmandu. Angin yang kencang, awan yang menutupi, dan jarak pandang yang berubah-ubah sering membuat penerbangan ditunda atau bandar udara ditutup. Bandar udara ini dilindungi dengan pagar rangkaian rantai dan dijaga oleh polisi bersenjata Nepal atau polisi sipil sepanjang waktu
Bandara ini hanya bisa untuk pendaratan pesawat kecil saja. Itupun Pilotnya harus handal betul. Kenapa begitu? Karena jika Pilot kehilangan kendali sedikit saja, pesawat akan langsung remuk menabrak gunung tertinggi di dunia itu.
Kebanyakan pesawat yang mendarat disana membawa wisatawan yang akan naik gunung ke Puncak Eversest.
9. Bandara Congonhas, Brazil.
Bandar Udara Congonhas adalah salah satu dari tiga bandar udara komersial di São Paulo dan terletak 8 kilometer dari pusat kota, yaitu di Avenida Washington Luís s/n° - Campo Belo. Bandara ini dikelola oleh Infraero dan, pada tahun 2005, merupakan bandar tersibuk di Brasil dengan sekitar 17 juta penumpang datang dan pergi menggunakan bandara ini. Pada tahun 1957, bandara ini merupakan bandara tersibuk ke tiga di dunia untuk kargo and pengangkutan.
Bandara ini terletak di tengah keramaian kota. Ukurannya pn tidak lebih dari lapangan sepak bola. Kesalahan dalam mengatur ketinggian pada saat hendak lepas landas bisa menabrak bangunan kota.
10. Ice Runway, Antartika.

Berat pesawat dan kargo tidak berlebihan akan membuat pesawat tersebut tetap bediri diatas salju, karena jika pesawat tersebut melebihi berat yang ditentukan maka pesawat tersebut akan tenggelam di Es yang sangat dingin. Besar-kecil pesawat bukan jadi masalah, karena Landasannya luas.
Pilot harus super extra hati-hati untuk mendarat dengan lembut dan memastikan tidak tergelincir ataupun memecahkan es.
Pada saat Es retak dilandasan tersebut, maka pesawat akan diarahkan ke bandara yang lain yang berada didekat bandara tersebut.
Dibandara ini juga kita bisa melihat penguin.
Demikianlah 10 bandara berbahaya di dunia. Semoga bermanfaat.
Dikutip: Dari berbagai Sumber.